«

»

Penilaian IKD secara Online oleh Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon

IAIN CIREBON : Setelah IKD tahap pertama berjalan secara manual dengan menggunakan responden dari 5 mahasiswa disetiap kelas yang diajar, sepertinya suara mahasiswa masih kurang terwakili jika hanya 5 mahasiswa yang mengisi kuisioner, maka PPMA bekerja sama dengan PKPTI melakukan pengembangan aplikasi Indeks Kinerja Dosen secara Online dengan target responden lebih dari 5000 mahasiswa.

Saat ini sosialisasi terus dilakukan kepada pejabat terkait dan juga kosma(perwakilan mahasiswa tiap kelas) untuk dapat mensukseskan program ini, diharapkan mahasiswa dapat mengisi data dengan Jujur, Benar serta Objektif  untuk perbaikan Kinerja kampus, data yang diisikan oleh mahasiswa aman tidak dapat diketahui orang lain.

Definisi indikator kinerja adalah ukuran kuantitatif dan/atau kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan (BPKP, 2000). Sementara menurut Lohman (2003), indikator kinerja (performance indicators) adalah suatu variabel yang digunakan untuk mengekspresikan secara kuantitatif efektivitas dan efisiensi proses atau operasi dengan berpedoman pada target-target dan tujuan organisasi. Jadi jelas bahwa indikator kinerja merupakan kriteria yang digunakan untuk menilai keberhasilan pencapaian tujuan organisasi yang diwujudkan dalam ukuran-ukuran tertentu.

Indikator kinerja (performance indicator) sering disamakan dengan ukuran kinerja (performance measure). Namun sebenarnya, meskipun keduanya merupakan kriteria pengukuran kinerja, terdapat perbedaan makna. Indikator kinerja mengacu pada penilaian kinerja secara tidak langsung yaitu hal-hal yang sifatnya hanya merupakan indikasi-indikasi kinerja, sehingga bentuknya cenderung kualitatif. Sedangkan ukuran kinerja adalah kriteria kinerja yang mengacu pada penilaian kinerja secara langsung, sehingga bentuknya lebih bersifat kuantitatif. Indikator kinerja dan ukuran kinerja ini sangat dibutuhkan untuk menilai tingkat ketercapaian tujuan, sasaran, dan strategi.

Tujuan pelaksanaan audit Indeks Kinerja Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini adalah untuk mengetahui kinerja dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Titik berat dari penilaian yang ada diaplikasi ini adalah respon kinerja dosen dari mahasiswa.

Sasaran yang ingin dicapai dari Pelaksanaan Audit Indeks Kinerja Dosen  adalah diketahuinya Indeks Kinerja Dosen Universitas sebagai bagian dari implementasi fungsi dosen yang harus dipertanggungjawabkan dosen kepada institusi dan masyarakat (Stakeholer, orang tua mahasiswa dan penggguna jasa lulusan) secara keseluruhan sehingga dapat diketahui permasalahan yang dihadapi dalam usaha meningkatkan mutu sistem pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh individu dosen.

Penilaian yang dilakukan untuk Dosen adalah

No Komponen Penilaian
1 Kepribadian
2 Pedagogik
3 Profesional
4 Sosial

Sedangkan penilaian untuk staf hanya meliputi pelayanan terhadap mahasiswa. Untuk Staf dinilai berdasarkan tempat bertugas yaitu rektorat, fakultas dan jurusan dan penilaiannya lebih cenderung ke institusinya.

Untuk melihat aplikasi tersebut dapat diakses disini