↑ Return to Fakultas Tarbiyah

Pendidikan Guru RA

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon adalah “Menjadi program studi unggulan dalam penyelenggaraan pendidikan calon guru Raudhatul Athfal (PGRA) yang profesional, beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia”.

Misi

Berdasarkan visi tersebut, Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengemban misi.

  1. Memperluas kesempatan belajar pada jenjang pendidikan tinggi untuk mempersiapkan guru Raudhatul Athfal.
  2. Menghasilkan guru Raudhatul Athfal yang memiliki kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional.
  3. Memanfaatkan teknologi yang tepat dalam menyelenggarakan pengelolaan pendidikan dan proses pembelajaran bagi guru Raudhatul Athfal.
  4. Meningkatan akuntabilitas program pendidikan bagi guru RA.
  5. Menjalin dan memelihara kemitraan dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru RA.
  6. Berperan aktif dalam penelitian, pengembangan dan penyebaran ilmu pengetahuan serta teknologi dalam bidang kependidikan khususnya PGRA.
  7. Berperan aktif dalam mengembangkan budaya belajar sepanjang hayat bagi guru RA dan pembentukan masyarakat belajar.

 

Kompetensi Utama Lulusan

Kompetensi lulusan yang diharapkan dari program studi S-1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) adalah sebagai berikut.

1.  Kompetensi Paedagogik meliputi:

  1. menguasai karakteristik peserta didik anak usia dini dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual;
  2. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik bagi anak usia RA;
  3. mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu;
  4. menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  5. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  6. memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki;
  7. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik;
  8. menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
  9. memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran;
  10. melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
  11. bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia;
  12. menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat;
  13. menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa;
  14. menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri;
  15. menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
  16. Kompetensi Sosial meliputi:
  1. Kompetensi Kepribadian meliputi:

a. bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi;

b. berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat;

c. beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya;

d. berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

4.  Kompetensi Profesional meliputi:

  1. menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung perkembangan pendidikan khususnya pada jenjang pendidikan RA;
  2. menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan pendidikan RA;
  3. mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif;
  4. mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif;
  5. memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

 

Standar Kompetensi Lulusan

Secara generik, standar kompetensi lulusan PGRA diharapkan mampu menjadi sarjana muslim profesional dalam bidang pendidikan dan pengajaran sebagai berikut:

  1. Menguasai teori perkembangan anak usia RA dan menerapkannya dalam pembelajaran;
  2. Menganalisis, memetakan dan memberikan probem solveng dalam penyelenggaraan pendidikan pada RA;
  3. Mengetahui pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang pendidikan pada RA;
  4. Memiliki pemahaman tentang teori perkembangan anak usia RA;
  5. Memiliki pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran anak usia RA;
  6. Memiliki kemampuan pembuatan bahan ajar untuk anak usia RA;
  7. Menguasai manajemen satuan pendidikan RA;
  8. Memiliki kemampuan melakukan penelitian tentang RA;
  9. Memiliki kemampuan bekerjasama dengan komunitas pendidikan anak (orang tua, masyarakat dan penyelenggara program pendidikan usia dini lainnya);

10. Berperan serta dalam kehidupan masyarakat profesi pada tingkat lokal, nasioanl dan internasional.

 

Profil lulusan

  1. Guru RA/PAUD  di Sekolah, Madrasah,
  2. Taman Pengasuh Anak (Child Care)
  3. Pengelola Pendidikan di Raudhatul Athfal/ Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Child Care),
  4. Peneliti bidang pendidikan anak usia raudhatul athfal / Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Child Care),
  5. Penulis bidang pendidikan anak usia raudhatul athfal / Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Child Care),
  6. Konsultan pendidikan anak usia raudhatul athfal / Taman Kanak-Kanak, Kelompok bermain, Taman Pengasuh Anak (Child Care).

 

Gelar Akademik Lulusan

Gelar Akademik yang diperoleh dari lulusan program studi S1-PGRA ini adalah Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) dalam bidang PGRA.

 

Struktur Program Kurikulum S1 PGRA:

  1. Kelompok Mata Kuliah Umum (MKU)   : 29 sks
  2. Kelompok Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP)  : 21 sks
  3. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) : 12 sks
  4. Kelompok Mata Kuliah Latihan Profesi (MKLP)    :  4  sks
  5. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Akademik Prodi (MKKA Prodi)  : 90 sks
  6. Kelompok Mata Kuliah Keahlian Pilihan (MKKPi)   :   -  sks

Total Matakuliah   156 sks