Regulasi Diklat Komputer pada Pusat Komputer dan Pengembangan Teknologi Informasi (PKPTI)

Seluruh mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki satu kali kesempatan untuk belajar di Lab. Komputer PKPTI, yaitu mahasiswa dibawah Semester V (lima). Jadi diharapkan mahasiswa diatas semester V (lima) telah memiliki sertifikat Diklat Komputer PKPTI. Dalam menempuh studinya, ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh setiap mahasiswa, yaitu :

  1. Pelaksanaan Diklat yaitu sebanyak 13 x pertemuan per periode.
  2. Prosentase penilaian diklat yaitu : Absen 30%, Tugas 10%, dan UAS sebanyak 60% dengan rincian (Word Processing 20%, SpreadSheet 30%, dan Presentation 10%).
  3. Mahasiswa yang diperkenankan mengikuti UAS yaitu mahasiswa yang mengikuti pertemuan diklat minimal 10 x pertemuan.
  4. Bagi mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan untuk mengikuti UAS, diharapkan mengikuti pertemuan tambahan sebelum UAS sampai mencapai minimal 10 x pertemuan (jika waktu memungkinkan).
  5. Nilai hasil UAS dapat dilihat pada alamat : www.iaincirebon.ac.id/puskom paing lambat 2 minggu setelah pelaksanaan UAS.
  6. Bagi mahasiswa yang merasa belum lulus (nilai dibawah C+) dapat segera memperbaikinya dengan menghubungi dosen yang bersangkutan, dengan diberi tenggang wakti selama 1 minggu setelah nilai di posting.
  7. Pada akhir minggu ke 3 setelah pelaksanaan UAS, nilai yang diberikan dari dosen/tutor dianggap sudah baku dan tidak dapat dirubah/direvisi, karena sudah melebihi batas waktu tenggang perbaikan nilai UAS.
  8. Sertifikat dapat diambil paling lambat 1 bulan setelah pengumuman kelulusan, dengan diwakilkan oleh perwakilan dari masing-masing kelompok (dikoordinir).
  9. Mahasiswa yang mengambil sertifikat diluar batas penganbilan sertifikat, akan dikenakan denda atas keterlambatan pengambilan sertifikat tersebut.

Makna Sebuah NIM pada IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) adalah nomor yang mencirikan identitas seorang mahasiswa pada sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa yang memiliki NIM adalah mahasiswa yang dinyatakan lulus dan terdaftar pada suatu perguruan tinggi, yang telah melakukan registrasi, baik mahasiswa baru dari hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru maupun mahasiswa mutasi/pindahan dari program studi, fakultas atau perguruan tinggi lain. Nomor NIM terdiri dari beberapa digit angka yang tentunya berbeda dengan nomor yang dimiliki oleh mahasiswa lain dan semua mahasiswa yang terdaftar pasti memiliki nomor tersebut.

Taukah anda kode yang tersembunyi dibalik nomor induk anda ? di perguruan tinggi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, setiap mahasiswa memiliki nomor NIM dengan contoh format : 1412110001. Nomor tersebut memiliki 4 klasifikasi kode, yaitu dua angka pertama menjelaskan tentang kode perguruan tinggi, dua digit setelahnya menunjukan tahun ajaran pada saat mendaftar atau registrasi, dua digit setelah itu menunjukan kode jurusan, dan empat digit angka akhir merupakan nomor urut mahasiswa tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dirinci sebagai berikut :

Contoh NIM : 14121110001

14

12

11

10001

A

B

C

D

A = 2 digit : Kode Perguruan Tinggi

B = 2 digit : Tahun masuk/Angkatan

C = 2 digit : Kode Jurusan

D = 5 digit : Nomor urut mahasiswa

KODE

JURUSAN

FAKULTAS

11

PAI

TARBIYAH

12

PBA

13

PBI

14

IPS

15

MTK

16

IPA

17

PGMI

21

AAS

SYARIAH

22

MEPI

31

SPI

ADDIN

35

PMI

36

BKI

41

KPI

51

AF

52

TH

Jadi NIM : 14121110001 adalah Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Fakultas Tarbiyah, Jurusan PAI, angkatan 2012.

Instalasi LAMP di Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin) versi Desktop

Berikut langkah cepat menginstal LAMP (Linux, Apache2, MySQL 5, PHP 5) di Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin) versi Deskop dengan berbagai ekstension PHP yang siap digunakan untuk menjalankan aplikasi Open Source berbasis web (Drupal 7, MoodleYII Framework, dan sebagainya :-) )
1. Instal Apache:

sudo apt-get install apache2 apache2-doc apache2-mpm-prefork apache2-utils apache2-suexec libexpat1 ssl-cert

2. Instal PHP:

sudo apt-get install libapache2-mod-php5 libapache2-mod-ruby libapache2-mod-python php5 php5-common php5-curl php5-dev php5-gd php-pear php5-imagick php5-imap php5-mcrypt php5-memcache php5-ming php5-mysql php5-pspell php5-recode php5-snmp php5-sqlite php5-tidy php5-xmlrpc php5-xsl php5-apc php5-intl

3. Instal MySQL:

sudo apt-get install mysql-server mysql-client

4. Instal phpMyAdmin:

sudo apt-get install phpmyadmin
Aktifkan module rewrite (untuk mengaktifkan URL ramah – clean URL), dengan command:
sudo a2enmod rewrite

Merestart web server apache untuk mengaktifkan setiap perubahan yang sudah dilakukan dengan command:

sudo service apache2 restart

Definisi Sistem Informasi

Definisi Sistem Informasi - Menurut Mc leod Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

  Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan. (Tata Sutabri, S.Kom., MM, 2005:36)
  Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli - Sistem informasi adalah sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu mempermudah penyediaan laporan yang diperlukan. (Erwan Arbie, 2000, 35).
  Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. (Tafri D. Muhyuzir, 2001, 8).
  Menurut O’Brien (2005, p5),  sistem  informasi   adalah   suatu   kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.1 tentang komponen sistem informasi.   
Definisi Komponen Sistem Informasi

Komponen Sistem Informasi

Leitch Rosses (dalam Jugiyanto, 2005 : 11) mengemukakan sistem informasi adalah suatu sistem didalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 Menurut Lani Sidharta (1995: 11), “Sebuah sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen – komponen manual dan komponen – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi untuk pemakai”

 Sistem informasi didefinisikan Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis dalam buku Jogiyanto HM., (1999: 11), “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.”

 Menurut Gordon B. Davis (1991: 91), “Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.”

Suatu sistem informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu kelompok kegiatan operasi yang tetap, yaitu:

  1. Mengumpulkan data
  2. Mengelompokkan data
  3. Menghitung
  4. Menganalisa
  5. Menyajikan laporan
  • Meningkatkan penyelesaian tugas.
    • Pemakai harus lebih produktif agar menghasilkan keluaran yang memiliki mutu yang tinggi.
  • Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan.
    • Sistem harus mudah dan sering digunakan.
  • Meningkatkan efektifitas ekonomi.
    • Keuntungan yang diperoleh dari sistem harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.
Sistem informasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis komputer yang dapat menghimpun dan menyajikan berbagai jenis data yang akurat untuk berbagai macam kebutuhan.
Daftar Pustaka - Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli DefinisiTata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen, 2005, Yogyakarta, Andi

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo

Arbie, E., 2000, Pengantar Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ke-7, Jilid 1, Bina Alumni Indonesia, Jakarta.

Muhyuzir T.D., 2001, Analisa Perancangan Sistem Pengolahan Data, Cetakan Kedua, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

O’Brein, James A., (2005), ”Pengantar Sistem Informasi”, Penerbit : Salemba 4, Jakarta.

Jogianto2 HM. 2005. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta

Lani Sidharta, Pengantar Sistem Informasi Bisnis, P.T. ELEX Media Komputindo, Jakarta: 1995

Jogiyanto HM., Analisis dan Disain Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi Offset, Yogyakarta: 1999

Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991

Fungsi mysql_real_escape_string & stripslashes

Nama – nama yang islami kadang mengandung tanda ‘ (petik satu) yang membuat susah untuk masuk ke dalam database dan membuat puyeng yang punya nama :)

mysql_real_escape_string berguna pada saat kita menginput sebuah data, dimana data tersebut mengandung karakter khusus seperti tanda “‘” (kutip satu).
Jika tidak menggunakan fungsi tersebut maka data yang kita input tidak akan masuk ke dalam database.
Karena di dalam SQL, SQL tidak menerima karakter khusus seperti “‘” (kutip satu).
Sedangkan jika kita menggunakan fungsi mysql_real_escape_string maka data tersebut akan masuk ke dalam database.
Contoh:
$nama = “safi’i”;
$nama1 = mysql_real_escape_string($nama);
echo $nama1;

//output di php
safi\’i

//output di sql
safi’i

Nah bagaimana jika kita ingin menampilkannya di php tanpa tanda backslash (“\”) ?
Untungnya di dalam PHP sudah ada fungsi untuk menghapus tanda backslash atau escape.
Fungsi itu bernama stripslashes() .
Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

$nama2 = stripslashes($nama1);
echo $nama2;

//ouput di php
safi’i

//output di sql
safi’i

Perintah Dasar Linux Ubuntu

Ada 2 tipe user dalam Linux Ubuntu yaitu user biasa ($) dan root  (#). Berikut ini perintah perintah dasar yang ada di Linux Ubuntu :

File dan Folder

Melihat petunjuk pemakaian perintah : $ man namaperintah. Contoh mau melihat manual perintah pwd : $ man pwd
Melihat alamat folder aktif : $ pwd
Pindah ke folder home si user : $ cd
Pindah folder : $ cd foldertujuan. Contoh pindah ke folder /usr : $ cd /usr
Pindah ke folder induk : $ cd .. [titik dua kali]. Contoh sekarang berada di folder /home/user/Documents/Data1/Data1a mau naik satu tingkat ke folder Data1 ketik $ cd ..
Melihat isi folder : $ ls
Tampilan juga disembunyikan file dan direktori tersembunyi :$ ls-a
Untuk menampilkan list isi direktori:$ ls-l
Membuat folder : $ mkdir namafolder
Membuat/mengedit file menggunakan text editor : $ nano namafile.txt atau $ vi namafile.txt
Melihat isi file text : $ cat namafile.txt atau $ more namafile.txt
Mengcopy file/folder : $ cp sumberfile foldertujuan
Merubah nama file/folder : $ mv namafileasli namafilebaru
Memindahkan file/folder : $ mv sumber tujuan
Hapus file : $ rm namafile
Hapus folder : $ rm -rf folder
Mencari file/folder : $ locate yang-dicari
Mencari berkas – berkas tertentu pada suatu direktori : $ find  yang dicari
Menampilkan nama file di halaman.Gunakan spacebar untuk melihat halaman berikutnya : $ more  nama_folder
Tampilkan 10 baris pertama file : $ head filename
Tampilkan 15 baris pertama file : $ head -15 filename
Tampilkan 10 baris terakhir file : $ tail filename
Tampilkan 15 baris terakhir file : $ tail -15 filename
Menampilkan proses – proses yang sedang berjalan : $ ps
Membersihkan layar : $ clear
Keluar dari terminal : $ exit

Root

Menjalankan perintah sebagai root : $ sudo namaperintah
Beralih ke mode root : $ sudo su, setelah memasukkan password tanda $ akan berubah menjadi #
Restart : $ sudo reboot
Shutdown : $ sudo poweroff

Repostiroy dan Paket

Update repository : $ sudo apt-get update
Upgrade paket : $ sudo apt-get upgrade
Install paket : $ sudo apt-get install nama-paket
Uninstall paket : $ sudo apt-get remove nama-paket
Install paket dari file .deb : $ sudo dpkg -i file-paket.deb

Kompresi File

Membuat file zip dari file : $ zip output.zip sumber-file
Membuat file zip dari direktori : $ zip -r output.zip sumber-direktori
Mengekstrak file zip : $ unzip namafile.zip -d folder-tujuan
Membuat file tar.gz : $ tar -cvzf output.tar.gz sumber-direktori
Mengkstrak file tar.gz : $ tar xzvf file.tar.gz
Mengekstrak file tar.gz dengan folder tujuan : $ tar xzvf file.tar.gz -C /folder/tujuan/harus/ada

rpm file

Install rpm disebut package.rpm : $ rpm –hiv package.rpm
Install rpm package.rpm disebut dalam cara memaksa : $ rpm –hiv –force package.rpm
Upgrade rpm disebut package.rpm : $ rpm –hUf package.rpm
Hapus rpm disebut package.rpm : $ rpm –e package.rpm
Daftar file dalam belum diinstall rpm disebut package.rpm : $ rpm –qpil package
Daftar file dalam diinstal rpm disebut package.rpm : $ rpm –ql package.rpm
Daftar rpms diinstal containg string str : $ rpm –q str
Menampilkan rpm yang berisi aplikasi application_name : $ rpm –qf /path/application_name

 Sistem Informasi

Umum sistem informasi : $ uname -a
Daftar tabel partisi : $ fdisk -l fdisk-l
Menyalin nama file ke dalam direktori / path / dir_name : $ cp filename /path/dir_name cp
Daftar filesystem penggunaan ruang disk : $ df -T -h
Daftar perangkat PCI : $ lspci
Daftar perangkat USB : $ lsusb
Tampilan RAM + Pindah penggunaan : $ free -m

Jaringan dan Internet

Cari path ke jaringan IP / hostname : $ traceroute
Cek koneksi jaringan : $ ping nomer_ip
Info settingan interface jaringan : $ ifconfig
Download : $ wget http://website.com/file.zip

Spinning Hat TypeScreen, Perpaduan Unsur Modern Dan Mesin Tik Klasik Untuk iPad

Zaman memang sudah semakin canggih, tapi bagi anda para pengguna iPad yang Ingin mencoba sensasi menggunakan mesin tik, mungkin perangkat yang satu ini bisa menjadi pilihan. TypeScreen adalah sebuah aksesoris unik untuk iPad berbentuk mesin tik zaman dulu yang dapat melengkapi koleksi gadget Anda. Alat ini merupakan kombinasi antara unsur modern layar sentuh dan unsur retro bergaya klasik. Desainnya memang nampak kuno, tapi jangan salah TypeScreen tetap hadir dengan fungsi modern sehingga cocok untuk dijadikan alternatif bagi pengguna iPad dalam menemani aktivitasnya yang selalu ditemani tablet besutan Apple itu. Dengan menggunakan alat ini yang akan memberikan nuansa klasik retro, dapat dipastikan cara mengetik manual ke layar iPad akan lebih menyenangkan. Selain itu, untuk menggunakan perangkat ini pun terbilang sangat mudah, pengguna cukup menghubungkan perangkat ke iPad ataupun iPad 2. Cara kerjanya sangat sederhana, layaknya mesin tik sungguhan, hanya dengan mengetik setiap karakter, tuas secara manual bergerak dan akan menekan tombol QWERTY visual yang ada di layar iPad. Perangkat ini sendiri tersedia secara terbatas dengan harga sekitar Rp. 500 ribu.

Lenovo IdeaPhone S720 dan IdeaPhone S890, Dua Smartphone Midrange Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Dari lima handphone yang diperkenalkan secara resmi oleh Lenovo, IdeaPhone S720 dan IdeaPhone S890, merupakan handphone yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah. Kedua handphone ini masing-masing dibanderol seharga 2,5 juta rupiah dan 2,8 juta rupiah.

Lenovo IdeaPhone S720 datang dengan prosesor MT6577 dual core berkecepatan 1GHz. Prosesor SoC ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR SGX531. Di bagian tampilan, handphone ini memiliki layar berukuran 4.5 inci qHD IPS. Handphone ini pun menawarkan fitur dual SIM card.

 Di bagian belakang, handphone ini dilengkapi dengan kamera 8MP. Sebagai sumber energi, terdapat baterai berkapasitas 2000 mAh. Untuk fasilitas penyimpanan, terdapat memori internal 4GB dan RAM 512MB. Handphone ini pun tampil cantik dengan dua pilihan warna, yakni putih dan pink.

 

Sementara itu Lenovo IdeaPhone S890 hadir dengan layar berukuran 5.0 inci IPS qHD. Handphone ini dielngkapi dengan prosesor dual core 1.2GHz, GPU PowerVR SGX531, RAM 1GB dan memori internal 4GB. Lenovo membubuhkan kamera 8MP di bagian belakang serta baterai Li-Po berkapasitas 2250 mAh.

Hujan disertai Petir Melanda Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon

IAIN Cirebon : Rabu, 6 Februari 2013 pukul 16:20 Hujan besar melanda kota cirebon di sore hari yang begitu besar sangat berdampak pada peralatan elektronik dikarenakan petir besar menyambar tower kampus dan merusak sebagian fasilitas komputer dan jaringan internet. Berikut ini kerusakan yang ditimbulkan  oleh petir tersebut :

  1. 3 Unit komputer milik fakultas ADDIN.
  2. 3 Unit komputer milik fakultas Tarbiyah
  3. 2 Unit Komputer milik Bagian Akademik
  4. 1 Unit Komputer milik kabag Publikasi dan Sistem Informasi
  5. Seluruh perangkat jaringan milik PT. Indo Internet yang ada di kampus IAIN Cirebon
  6. Sebagian jaringan internet wifi.id
  7. 1 mikrotik milik datacenter
  8. 2 Juniper milik datacenter yang ditempatkan di Fakultas Addin dan Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

Kerusakan tersebut cukup membuat rusak jaringan komunikasi yang sedang dibangun sehingga pelayanan internet yang mulai berjalan jadi harus diulang dari awal kembali.