Profil Jurusan Muamalah Ekonomi Islam

Sejarah

Jurusan Muamalah/Ekonomi Perbankan Islam Fakultas Syariah merupakan salah satu program studi strata satu (S-1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon yang menyelenggarakan pendidikan dimulai pada tahun 2001 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor E/279/2001 tanggal 27 November 2001. Izin perpanjangan Program Studi Muamalah Nomor DI.I/201/2010. Program Studi Muamalah Ekonomi Perbankan memiliki status akreditasi pertama kali dengan peringkat B dengan No. 011/BAN-PT/AK-X/S1/V/2007 dan status akreditasi kedua dengan peringkat B No. 025/BAN-PT/AK-XV/S1/VIII/2012.

 

Visi

“Menjadi program studi unggulan bidang Ekonomi dan Perbankan Islam yang berbasis kepada penguasaan ilmu dan pengetahuan serta keahlian, memiliki semangat kerakyatan dan kemandirian menuju pembentukan sumber daya manusia yang beriman, cerdas, dan profesional”

 

Misi

  • Membentuk sumber daya manusia yang professional, berilmu, dan berakhlak.
  • Melahirkan sumber daya manusia yang disiplin dan berdedikasi tinggi.
  • Menjadi sarana penggodogan generasi muda, sehingga mampu mandiri, profesional, dan berakhlak mulia yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
  • Mentradisikan scientific attitude dalam kehidupan bermasyarakat, mampu berkompetisi dibidang ekonomi dengan berbasis pada moral dan etika.

 

Ketua Jurusan               : Sri Rokhlinasari, M.Si.

Sekretaris Jurusan        : Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag.

Leave a Reply